ghibah

Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini, saya mengajak anda untuk sama-sama menjauhi salah satu penyakit lisan yang keji yaitu Ghibah. Lisan dapat memudahkan kita masuk kedalam surga apabila kita dapat menjaganya, namun apabila lisan sulit untuk dijaga dapat menjadi penyebab mudahnya kita memasuki neraka. Naudzubillah.

Perkataan lisan yang dapat mengantarkan kita kepada syurga yaitu salah dengan berdzikir kepada Allah SWT, dimana lisan ini dapat dengan mudah menjadi penyebab kita masuk syurga karena lidah selalu dipakai untuk mengagungkan kebesaran Allah SWT.

Namun, apabila perkataan lisan tidak dapat dijaga, selalu bergosip, membahas kejelekan orang lain, berkata kurang baik dan sajabana, itu merupakan suatu perbuatan yang bisa menjadi penyebab mudanya kita masuk kedalam neraka. “barangsiapa yang mempergunjingkan saudara seislamnya baik itu perempuan atau lelaki, maka Allah tidak akan menerima shalat dan shaumnya selama 40 hari, sampai orang yang kita pergunjingkan itu memaafkan perbuataan ghibah kita.”

artinya: ketika kita bergunjing atau membahas suatu keburukan saudara semuslim kita, maka balasan dari Allah adalah dengan menolak semua Amalan shalat dan Shaumnya si orang tersebut. Para ulama sepakat shalat dan shaum hanyalah contoh dari semua amalan kita, jadi ketika kita berghibah semua amalan kita tidak akan diterima oleh allah selama 40 hari sampai kita meminta maaf kepada orang yang sudah kita ghibahi.

Ghibah berarti membicarakan sesuatu keburukan saudara semuslim kita, tanpa sepengetahuan orang tersebut. atau dalam bahas kita ghibah itu adalah sejenis gosip yang simpang siur kebenaranya. Berghibah adalah dosa yang nikmat, coba bayangkan, kalo bisa sebutkan dosa apa yang tidak nikmat?,. pasti jawabanya adalah Semua Dosa Itu Nikmat. Itu dikarenakan pada saat kita berbuat dosa setan lah yang menjadi Penyemangat kita, berbeda dengan berbuat kebaikan dimana kita selalu pikir-pikir untuk melakukanya, betul?

dalam Suatu hadist disebutkan “apabila engkau meninggalkan ghibah, sesungguhnya engkau telah melakukan hal yang dicintai Allah daripada sepuluh ribu shalat sunat” jadi, hanya dengan meninggalkan pergunjingan yang ngga-ngga saja, kita bisa mendapat pahala yang lebih besar dari 10.000 kali shalat sunat. Subhanallah sekali, Dzat yang menciptakan kita. Juga orang yang bergunjing, atau berghibah semua amal kebaikan yang telah dilakukan didunia akan menghilang seperti api yang memakan kayu bakar.

maka dari itu , marilah kita menjauhi perbuatan ini, karena Ghibah merupakan Salah satu dosa besar, dimana ketika ada seseorang yang melakukanya dia bisa menyakiti orang yang sudah meninggal, sekaligus orang yang masih hidup didunia ini.

Berapa Banyak Orang Beriman Yang Tertawan Dibawah Nafsunya Sendiri